Perkembangan Teknologi telah menyatu dalam kehidupan kita sehari-hari. Manusia hari ini berinteraksi dengan sangat erat dengan teknologi, sejak bangun tidur sampai tidur kembali di malam hari. Berbagai aplikasi dan fasilitas-fasilitas yang disediakannya membantu kita melakukan peran dan tugas kita sehari-hari, dan media sosial memudahkan kita untuk dapat berkomunikasi dan terhubung dengan orang lain.  Kemudahan teknologi yang dinikmati masyarakat saat ini tidak lepas dari pemanfaatan artificial inteligence atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan merupakan sebuah sistem computer yang mempelajari bagaimana mesin (computer) dapat berkerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia, bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Optimaslisasi artificial inteligence memberikan banyak manfaat sehingga berbagai hal dapat dikerjakan dengan mudah, efektif, cepat dan meminimalisir terjadinya human error.

Artificial Intelligence (AI) di dalam bidang Psikologi terjadi dengan adanya pengkombinasian antara psikometri dan kecerdasan buatan dalam mengolah data. Misalnya, Tes Psikologi online yang telah didigitalisasi dalam bentuk aplikasi dan memberikan kemudahan kepada psikolog atau tester dalam pelaksanaan tes agar lebih efektif. lalu ada pula aplikasi  bercerita yang memanfaatkan autoreply atau chatbot hasil dari penggolahan data yang dapat memberikan respon yang cepat dan informasi yang akurat dan terjaga,selain itu ada Tes Psikologi yang dilakukan secara virtual dengan menggunakan eye-tracking sehingga memungkinkan individu dapat sembuh dari gangguan psikologis ADHD dan Fobia tanpa mengeluarkan banyak uang untuk melakukan terapi khusus. Lalu ada teknologi sensor untuk mengetahui atau menganalisis perilaku tertentu dari seseorang yang menempatkan sistem sensor pada tubuh manusia. Dalam rekrutmen Optimaslisasi artificial inteligence juga membuahkan program Powered Candidate Screening yang digunakan untuk membantu screening peserta rekrutmen. Optimaslisasi artificial inteligence dalam penelitian psikologi juga dapat mempermudah dalam penyebara informasi dan  pengolahan data.

Selain memberikan kemudahan dan peningkatan kualitas, kenyamanan atas fasilitas yang dihadirkan dari Optimaslisasi artificial inteligence juga dapat memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Saat kenyamanan dan kemudahan yang dihadirkan dari teknologi terus-menerus kita nikmati dapat memberikan ketergantungan dan kecanduan sehingga dapat mengganggu kesehatan mental. Penggunaan AI, menawarkan banyak peluang berikut tantangan bagi manusia, sehingga manusia perlu lebih bijak saat menggunakan AI ini. Berkenaan dengan hal tersebut, Fakultas Psikologi UHAMKA menyelenggarakan konferensi dengan tema : Optimalisasi Artificial Inteligence dalam Psikologi untuk Hidup yang Berkualitas: Peluang dan Tantangan.

Konferensi ini diadakan dengan tujuan memberikan kesempatan bagi para peneliti dan mahasiswa untuk mensosialisasikan penelitian yang telah dilakukan serta membangun jejaring peneliti sehingga memungkinkan para peneliti untuk melakukan pengembangan kajian ilmu psikologi khususnya di Indonesia.

Kegiatan konferensi akan diawali oleh workshop yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengembangkan kemampuannya di bidang riset. Kegiatan workshop ini dilakukan dengan jumlah peserta terbatas dengan harapan pesan dapat tersampaikan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kemampuan riset peserta. Kegiatan ini mengagendakan setidaknya dua workshop yang akan ditawarkan sebelum dimulainya acara konferensi.
Konferensi akan dilakukan secara online dengan mekanisme yang sudah ditentukan oleh panitia. Anda dimohon untuk mengikuti mekanisme sebagai berikut:

1. Peserta diminta mengupload video presentasi ke YouTube dengan durasi maks 15 menit dan mengirimkan link YouTube tersebut saat daftar ulang. Link presentasi ini akan dibagikan pada semua peserta sebelum konferensi dimulai.
2. Pada saat sesi konferensi dengan media zoom, semua peserta diharapkan sudah melihat presentasi peserta yang akan tampil dalam kelasnya masing-masing, untuk melakukan diskusi dan tanya jawab. Sebelumnya, peserta diberikan waktu sekitar 3-5 menit untuk mempresentasikan penelitian secara ringkas tanpa Powerpoint. Tema
Optimalisasi Artificial Inteligence dalam Psikologi untuk Hidup yang Berkualitas: Peluang dan Tantangan
Tujuan kegiatan
1. Membangun masa depan Indonesia dari riset khususnya Psikologi
2. Mensosialisasikan hasil riset Psikologi Indonesia
3. Membangun jejaring riset Psikologi sejak dini
4. Membiasakan mahasiswa dengan iklim ilmiah