Menu Close

Submit

Pengiriman Abstrak

>>> Submit Abstrak <<<

Di sini Anda dapat menemukan detail untuk semua jenis pengiriman dan cara mengirimkan abstrak Anda. Sebelum mengirimkan proposal Anda, silakan periksa panduan di bawah ini dan informasinya.

Presentasi Lisan

Jenis pengajuan ini dapat mencakup:

  • Penelitian empiris atau teoritis yang berhasil dengan hasil atau laporan yang sesuai.
  • Perkembangan baru dalam tema yang diberikan, menggunakan metode kualitatif atau kuantitatif dari data primer atau sekunder.
  • Proposal untuk makalah lisan harus termasuk
    – Judul (maks. 20 kata);
    – Teks utama abstrak (maks. 300 kata);
    – Kata kunci (maks. 10)

FORMAT ARTIKEL ILMIAH

Berikut adalah beberapa ketentuan format artikel yang umum digunakan:

  1. Tipe file docx dengan penamaan file artikel: Nama Penulis_Nama Universitas
  2. Ukuran kertas A4, Font Times New Roman, 1.5 spasi dan rata kiri-kanan (justify).
  3. Artikel terdiri dari 13-16 halaman
  4. Penulisan artikel sesuai dengan kaidah American Psychological Association (APA).
  5. Penulisan artikel terdiri dari :
  6. Judul (huruf Capital, rata tengah). Judul artikel harus mencerminkan isi dan tujuan artikel dengan jelas dan singkat. Panjang judul umumnya tidak lebih dari 15 kata.
  7. Nama Penulis (nama pertama adalah nama mahasiswa, nama kedua dosen pembimbing tanpa gelar akademik rata tengah), dicantumkan di bawah judul artikel.
  8. Nama instansi rata tengah.
  9. Email (penulis pertama rata tengah).
  10. Abstrak: Abstrak harus terdiri dari 200-300 kata dan memberikan ringkasan dari topik yang dibahas dalam artikel, termasuk tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. (1spasi dan rata kiri-kanan).
  11. Pendahuluan: Pendahuluan harus menjelaskan konteks topik yang dibahas, latar belakang, dan tujuan dari penulisan artikel. Dalam pendahuluan juga bisa dicantumkan kerangka konseptual dan hipotesis yang diajukan.
  12. Metode Penelitian: Jika artikel berisi penelitian, bagian metode harus menjelaskan desain penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan analisis data.
  13. Hasil: Bagian hasil harus menampilkan dan menjelaskan temuan dari penelitian atau analisis data. Hasil juga bisa disajikan dalam tabel atau gambar untuk membantu memperjelas informasi.
  14. Pembahasan: Bagian pembahasan harus mempertimbangkan hasil yang diperoleh dengan kajian literatur yang telah ada. Pembahasan harus menginterpretasi temuan dari hasil dan menunjukkan implikasi teoritis dan praktis dari penelitian.
  15. Kesimpulan: Kesimpulan harus merangkum hasil penelitian dan menjawab pertanyaan penelitian atau tujuan artikel. Kesimpulan juga bisa berisi saran atau rekomendasi untuk penelitian lanjutan.
  16. Daftar Pustaka: Artikel harus menyertakan daftar pustaka yang merujuk pada semua sumber yang digunakan dalam penulisan artikel. Pastikan untuk mematuhi gaya penulisan referensi yang dipakai dalam jurnal.

>>> Submit Full Paper <<<